8 Cara Menjaga Kesehatan Mental Anda Tetap Stabil Saat Pandemi Corona

Kesehatan mental dan kesehatan fisik merupakan dua hal yang saling mempengaruhi dan saling berkaitan antara satu sama lain apalagi pada saat pandemi covid-19 atau virus corona ini. Bila selama ini Anda berpikir bahwa kesehatan fisik jauh lebih penting ketimbang kesehatan mental, maka pikirkanlah sekali lagi karena menurut data WHO (World Health Organization) kesehatan mental merupakan aspek-aspek potensial yang ada dalam diri siapa pun, yaitu kemampuan mengatasi berbagai tekanan dalam hidup, menjadi seorang yang produktif dan memberikan kontribusi positif kepada orang-orang disekitarnya dan komunitasnya.


Apabila aspek-aspek tersebut bermasalah maka kemungkinan mereka termasuk orang-orang yang mengalami gangguan mental. Dan ternyata aspek-aspek tersebut dapat memberikan dampak negatif kepada kesehatan fisik secara keseluruhan, dimana mereka yang tidak mampu mengatasi tekanan dalam hidup, kurang produktif dan tidak memberikan pengaruh positif kepada orang-orang disekitarnya ternyata memiliki masalah kesehatan fisik seperti mengalami stress, nampak tidak bersemangat, dan secara fisik akan nampak lebih tua dari pada usia mereka sebenarnya.

Berikut ini 8 Cara Menjaga Kesehatan Mental Anda Tetap Stabil, yaitu:

1. Membuat Karya Seni

Membuat karya seni baik musik, tari, lukis, fotografi ataupun yang lainnya dapat menjaga mood Anda tetap stabil secara alami karena dapat menyeimbangkan proses kimiawi didalam otak manusia. Selain itu sebuah karya seni yang dibuat sendiri dapat membangun rasa percaya diri dan harga diri setiap orang.

2. Aktivitas Olahraga

Melakuan aktivitas olahraga secara teratur dapat mencegah depresi ketimbang mengkonsumsi obat-obatan anti depresi. Aktivitas olahraga dapat meningkatkan produksi dopamine, endorphins, dan serotonin dalam tubuh yang akan menimbulkan perasaan tenang dan senang dan mengurangi rasa gelisah, tertekan dan stress.Kesehatan Mental

3. Mengurangi Menonton Film, Video, Televisi dan Game Online

Menonton film, video, televise serta bermain game secara berlebihan dapat memberikan pengaruh yang besar pada perkembangan mental, apalagi bila yang ditonton merupakan film yang mengandung kekerasan dan pornografi maka akan dapat memberikan efek negatif pada emosi dan pikiran.Karena itu akan lebih baik bila membatasi waktu menonton atau lebih selektif dalam memilih tontonan. Ada banyak hal positif yang bisa Anda lakukan ketimbang menghabiskan waktu sepanjang hari di depan monitor berbentuk persegi panjang tersebut.

4. Mengekspresikan Rasa Cinta

Memberi, mendapatkan, dan berbagi cinta kasih dapat membuat hidup Anda lebih bahagia dan bermakna. Curahkanlah rasa cinta Anda kepada keluarga dan sahabat, dan berbagi kebahagian kepada orang lain yang membutuhkan, agar hidup Anda lebih berarti dan kehadiran Anda selalu diharapkan.

5. Menjaga Keseimbangan Pola Makan

Pola makan yang sehat dapat membantu kesehatan mental, karena bila pola makan Anda buruk maka akan memicu berbagai penyakit dan obesitas yang akan menimbulkan perasaan kurang percaya diri, cemas dan panik. Karena itu sebaiknya lebih banyak mengkonsumsi makanan yang dibutuhkan oleh kesehatan psikologis Anda yaitu sayuran, buah, ikan, kacang-kacangan dan makanan yang banyak memberikan efek menenangkan diri.

6. Jadilah Pribadi yang Terorganisir dan Jangan Mengisolasi Diri

Lakukanlah semua kegiatan Anda dengan segera jangan menunda-nunda, buanglah barang-barang disekitar Anda yang tidak berguna dan tidak terpakai, selesaikan segera tugas, PR dan pekerjaan yang belum selesai dan jadilah bagian dari sebuah komunitas yang Anda senangi agar bisa saling memberikan dukungan positif dan berbagai cerita baik suka maupun duka.

7. Berlibur atau Lakukan Hal-hal yang Diluar Aktivitas Sehari-hari

Bila Anda sudah merasa mulai bosan (bad mood), lelah, tidak bersemangat dalam menjalani rutinitas sehari-hari, maka ada baiknya bila Anda berlibur sejenak dengan menikmati keindahan alam yang serba hijau atau birunya lautan. Hal ini dapat memberikan Anda kedamaian hati, menemukan pencerahan, dan membangkitkan pikiran yang positif.

8. Rajinlah Beribadah

Berdoa dan beribadah secara rutin sesuai dengan kepercayaan Anda masing-masing dapat memenuhi kebutuhan rohani Anda, yang merupakan komponen terpenting dalam kesehatan jiwa manusia. Bila Anda terbiasa mengabaikan kebutuhan spiritual ini maka jiwa Anda akan selalu merasa tidak tenang dan gelisah.

Memohon dan merasa dekat dengan Sang Pencipta dapat membantu Anda untuk mendapatkan pencerahan dan membantu memecahkan berbagai masalah kesehatan mental yang terkadang tidak dapat Anda hindari.

Setelah mengetahui 8 Cara Menjaga Kesehatan Mental Anda Tetap Stabil Saat Pandemi Corona tersebut di atas, semoga bisa membantu Anda dalam mengatasi berbagai masalah yang mungkin saat ini sedang Anda alami. Jadi untuk mendapatkan kesehatan fisik yang prima maka Anda juga perlu untuk memberikan perhatian kepada kesehatan mental.


Subscribe to receive free email updates: