Mengenal Perbedaan Kopi Robusta dan Kopi Arabika

Salam Ngopi!!!

bagi penggemar kopi mungkin sudah tidak asing lagi apa itu Kopi Robusta dan Kopi Arabika, Kopi Robusta dan Arabika dalam klasifikasi ilmiahnya adalah termasuk tanaman Rubiaceae Coffea, kopi arabika memiliki anama ilmiah Coffea Arabica sedangkan kopi Robusta memiliki nama ilmiah Coffea Canephora.

Literatur kopi (Hampir Semua Literatur) menjelaskan bahwa tanaman kopi arabika ditemukan di Ethiopia untuk pertama kalinya, kemudian kopi dijadikan bubuk untuk diseduh dan dijadikan minuman dan dikenalkan ke seluruh dunia oleh para pedagang pedangang dari negeri Arab.

Kopi Robusta populernya sendiri tidak lepas dari peran negeri kita tercinta ini, Indonesia. pada abad ke 20 para penjajah Belanda membawa tanaman kopi ini untuk di budidayakan di indonesia secara besar besaran. kopi Robusta yang dibudidayakan oleh Belanda ini dimaksudkan untuk menggantikan tanaman kopi Arabika yang pada saat itu terserah wabah hama Hemileia vastatrix (Karat Daun), tanaman kopi arabika sangat rentan terserang Hama ini, sedangkan untuk kopi Robusta memiliki daya tahan yang lebih kuat terhadap serangan hama ini.

berikut beberapa perbedaan yang bisa dilihat antara Kopi Arabika dan Kopi robusta:
  • kopi Arabika lebih awal dikenal daripada kopi Robusta
  • Kopi Arabika lebih rentan terhadap serangan Hama daripada kopi robusta yang cenderung lebih tahan terhadap serangan hama,
  • ukuran dari biji kopi Arabika lebih besar daripada Kopi Robusta
  • Kandungan Kafein pada kopi robusta 2x lebih banyak daripada kopi Arabika
  • Aroma dan cita rasa kopi Arabika lebih kaya daripada kopi Robusta.
  • Kopi Robusta Lebih Pahit sedangkan Kopi Arabika cenderung Asam
  • Kopi Arabika dapat tumbuh dengan baik di ketinggian 1000 - 2000 Mdpl dengan curah hujan 1500 - 2500 mm/tahun dean suhu rata rata pada kisaran 15-25 *C
  • Kopi Robusta dapat tumbuh dengan baik diketinggian 0 - 900 Mdpl idealnya antara 400-800 Mdpl, suhu rata rata antara 24-30 *C serta urah Hujan 1500-3000 mm/tahun.


Kopi robusta yang cenderung lebih pahit maka kopi robusta sangat cocok untuk dicampur dengan Susu, beberapa olahan minuman yang cocok disajikan dari kopi Robusta antara lain latte, cappuccino, vietnam drip dan lainnya. sedangkan untuk kopi arabika lebih enak disajikan secara single origin agar lebih mengenal detail dari rasa kopi arabika tersebut karena rasa yang dihasilkan berbeda beda bagi setiap daerah pertumbuhannya.

selain perbedaan di atas perbedaan yang paling mencolok adalah dari segi harga, kopi Arabika cenderung lebih mahal dibandingkan dengan kopi Robusta.

So, Kopi yang mana yang mau anda Nikmati ???

Subscribe to receive free email updates: