Cara Cek Kesehatan Tubuh Melalui Warna Lidah

Lidah Tidak hanya berperan penting dalam merasakan asam, pahit , pedas, asin dan manis, akan tetapi lidah ternyata juga bisa menggambarkan perubahan kondisi kesehatan Anda. Cara mngetahui kesehatan tubuh dapat terlihat dari warna lidah itu sendiri.

perubahan warna pada lidah kita biasanya juga disertai dengan gejala dan gangguan kesehatan lainnya. Jika tubuh Anda sehat, warna lidah biasanya merah muda dengan papilla, atau tonjolan-tonjolan terlihat pada lidah, yang berukuran kecil.
Berikut Penjelasan Warna Lidah yang menunjukkan  Kondisi Kesehatan Tubuh kita yang perlu Anda ketahui
Lidah Berwarna Merah terang
Pada Warna ini menunjukkan Kondisi bahwa tubuh kita mengalami kekurangan vitamin B dan zat besi. Kedua vitamin ini bertanggung jawab atas energi, pertumbuhan sel, dan berfungsinya sistem saraf dengan tepat.
Lidah Berwarna Pucat
Pada Warna ini Menunjukkan Kondisi bahwa darah Anda kekurangan hemoglobin. Hemoglobin bertanggung jawab untuk mengantarkan oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Jika hemoglobin tidak cukup, hal ini akan menyebabkan kelelahan bahkan kelesuan.
Selain itu, lidah pucat juga bisa menunjukkan sariawan oral, yang merupakan jenis infeksi jamur.
Lidah Berwarna Ungu 
Jika Lidah Anda berwarna ungu atau kebiruan bisa berarti peredaran darah tidak berjalan dengan baik. Kurangnya sirkulasi ini bisa dengan cepat berubah menjadi kelesuan dan mengganggu kesehatan emosional, bahkan pada beberapa kasus hal ini bisa menyebabkan depresi.
Selain itu, lidah ungu juga terlihat pada seseorang dengan kolesterol tinggi dan masalah jantung. Hal terbaik yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengonsumsi lemon, melon atau mentimun.
Lidah Berwarna Hitam
Warna Lidah Hitam Meski tidak berbahaya bagi kesehatan, memiliki tampilan  lidah yang hitam adalah sesuatu yang tak sedap dipandang. Warna hitam ini bisa disebabkan dari penggunaan tembakau seperti merokok, antibiotik atau obat pencernaan yang digunakan secara berlebihan.
Sebaiknya Anda menyikat gigi dan berkumur lebih sering untuk menghilangkan bakteri bakteri yang ada. Konsultasikan dengan dokter apabila warna hitam pada lidah lebih dari 10 hari.
Lidah Berwarna Kuning
Warna kuning ini disebabkan oleh bakteri yang terperangkap di lidah. Warna ini juga menandakan panas tubuh berlebihan yang bisa disebabkan oleh konsumsi rokok, makanan pedas, alkohol, atau stress.
Lidah Berwarna Putih
Lidah putih bisa menjadi tanda bahwa Anda dehidrasi, sariawan oral, atau leukoplakia, yang merupakan pertumbuhan sel yang berlebihan akibat merokok atau iritasi lainnya. Warna putih biasanya dikarenakan adanya bakteri dan sel-sel mati yang terdapat pada lidah.
Lidah Berwarna Cokelat
Seseorang yang mempunyai lidah berwarna cokelat atau coklat gelap, kemungkinan orang tersebut mengidap kanker ,Seseorang yang memiliki lidah berwarna ini akan mengalami rasa sakit setiap saat.
Selain itu, orang tersebut akan mengalami rasa seperti terbakar, bengkak, ketidakmampuan dalam mencicipi sesuatu serta gerakan abnormal, bahkan kesulitan menggerakkan lidah.
Demikian Informasi Mengenai Cara Mencek Kesehatan Tubuh Melalui Warna Lidah, Semoga Bermanfaat


Subscribe to receive free email updates: