Penyebab Sariawan Yang Perlu Anda Ketahui

Sariawan adalah salah satu keluhan yang pasti pernah dialami oleh sebagian besar orang, baik laki laki , perempuan maupun anak anak . Meski area yang terkena sariawan ini cenderung kecil, keluhan ini bisa sangat mengganggu aktivitas kita sehari-hari.


Sariawan sering kali terasa sangat menyebalkan. Ini karena gejalanya dapat hilang dengan sendirinya dalam kurun waktu satu atau dua minggu. walaupun begitu, Anda harus tetap berhati-hat karena sariawan akan datang menyerang kembali apabila kita kekurangan vitamin atau gizi.
Berikut beberapa penyebab Sariawan yang perlu anda ketahui
·      Adanya Luka di dalam mulut
Luka yang terdapat di jaringan mulut bisa menyebabkan Sariawan Luka ini dapat disebabkan oleh beberapa penyebab, diantaranya penggunaan obat kumur, menyikat gigi terlalu kuat sehingga menyebabkan luka, dan tidak menjaga kebersihan mulut dengan baik.
·      Kekurangan vitamin
Kekurangan vitamin B12 merupakan salah satu faktor pencetus sariawan. Karena itu, jika Anda tidak ingin mengalami keluhan menyebalkan ini, Anda disarankan untuk mencukupi kebutuan vitamin B12 harian dengan mengonsumsi ikan tuna, sarden, kerang, daging sapi atau daging kambing.
·      Kekurangan gizi
Sariawan dapat disebabkan karena tubuh kekurangan asam folat, seng, atau zat besi. Selain itu, kekurangan kalsium juga bisa menyebabkan Anda terkena keluhan ini. Makan sehat dengan gizi seimbang adalah solusi terbaik untuk mengatasi kekurangan gizi penyebab sariawan.
·      Buah asam
Buah buahan dengan rasa asam juga bias menyebabkan sariawan, misalnya tomat, lemon, jeruk, atau nanas memang tidak secara langsung menyebabkan sariawan. Akan tetapi, apabila terjadi tekanan pada permukaan dan jaringan yang luka, atau cenderung menimbulkan rasa sakit seperti terbakar, tentu buah-buahan tersebut perlu dihindari.
·      Sistem kekebalan tubuh yang buruk
Pasien dengan daya tahan tubuh yang rendah sangat rentan terkena sariawan. Namun, sulit untuk menentukan hubungan langsung antara sariawan dan daya tahan tubuh. Yang pasti, sistem imun tidak bisa mencegah ataupun menyembuhkan sariawan, sehingga bisa dikatakan bahwa sistem imun adalah salah satu pencetus sariawan.
Berdasarkan The Journal of the American Dental Association, penyebab pasti dari sariawan tidak diketahui. Meski demikian, faktor keturunan bisa menjadi salah satu pemicunya. Agar tidak mengalami Sariawan terlalu sering, hindarilah makanan yang pedas, panas, dan bersifat asam. Perhatikan juga aspek-aspek lainnya sehingga Anda bisa terbebas dari sariawan.
Meski tidak memiliki hubungan yang spesifik, sistem kekebalan tubuh dituding memainkan peran tertentu pada terjadinya sariawan. Karena itu, bila Anda rentan sariawan, bisa jadi sistem kekebalan tubuh Anda sedang menurun.
Sariawan memang tidak berbahaya. Akan tetapi, keluhan ini bisa menganggu aktivitas hingga menurunkan kualitas hidup Anda. Karena itu, bila Anda mengalami Sariawan dan teraas sangat menganggu, jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

Demikian Info Mengenai Sariawan, Tetap Jaga Kesehatan Mulut Anda ya

Subscribe to receive free email updates: