Tips Sehat Menjalankan Puasa Ramadhan

Beberapa tips sehat menjalankan puasa Ramadhan berikut ini mungkin akan bermanfaat untuk Anda yang akan menjalankan puasa di bulan Ramadhan. Ya, bulan Ramadhan telah tiba, bulan dimana seluruh umat muslim akan menjalankan ibadah puasa selama 1 bulan penuh. Selain itu, ternyata puasa juga sangat baik bagi kesehatan dan memiliki berbagai manfaat.

Tips Sehat Menjalankan Puasa Ramadhan

Tidak dapat dipungkiri memang, bahwa saat bulan puasa, pola makan seseorang akan berubah drastis. Jika tidak di atur dengan baik, maka tidak menutup kemungkinan kesehatan serta sistem metabolisme tubuh pun akan ikut berubah. Maka dari itulah mengapa sebaiknya kita dapat menyiasati pola makan kita saat menjalankan puasa.

Tips Sehat Menjalankan Puasa Ramadhan

Sehingga walaupun puasa, tubuh tidak akan terasa lesu ataupun lemas. Hal tersebut juga banyak di kemukakan oleh para pakar kesehatan. Karena sebenarnya berpuasa memang memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh kita. Lantas, bagaimana cara berpuasa yang sehat? Berikut ini adalah beberapa tips sehat menjalankan puasa Ramadhan yang dapat kita ketahui bersama.

Tips Makan Sahur saat Puasa Ramadhan

Hingga saat ini diketahui tidak sedikit kalangan yang terkadang salah kaprah ketika makan sahur. Alih-alih bermanfaat untuk kesehatan tubuh, kesalahan saat makan sahur justru hanya akan membuat kesehatan tubuh terganggu. Agar tidak mengalami hal tersebut, berikut ini adalah beberapa tips makan sahur yang dapat diperhatikan :
  • Usahakan santap sahur di akhir waktu menjelang imsak.
  • Makanlah dengan porsi normal, namun jangan sampai makan berlebihan.
  • Penuhi kebutuhan nutrisi tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein, karbohidrat kompleks, dan sayur serta buah.
  • Di akhir makan sahur, minumlah segelas susu agar nutrisi yang di butuhkan tubuh terlengkapi.
  • Batasi juga konsumsi makanan manis yang mengandung banyak gula.
  • Dan terakhir, minumlah air mineral yang cukup sekitar 3 hingga 5 gelas saat menjelang imsak.

Tips Sehat Berpuasa Ramadhan

Selain sahur dan berbuka, terdapat beberapa hal lain yang juga sebaiknya diperhatikan ketika berpuasa. Walaupun kebiasaan setiap individu berbeda-beda, namun tidak ada salahnya jika mencoba pola hidup yang lebih sehat. Dan berikut ini adalah beberapa tips sehat berpuasa di bulan Ramadhan yang dapat di coba.
  • Jika tidak ingin merasa haus/dahaga yang berlebihan, maka hindarilah beraktivitas di luar ruangan terutama pada siang hari.
  • Untuk mengganti waktu tidur yang kurang karena waktu sahur, maka sempatkanlah untuk tidur di siang hari agar tubuh tetap fit dan sehat. Waktu yang paling dianjurkan adalah setelah waktu shalat dzuhur.
  • Saat berpuasa tentu saja bukan berarti Anda harus bermalas-malasan, jika tubuh Anda sehat dan kuat, cobalah untuk berolahraga ringan di sore hari untuk menjaga kebugaran tubuh serta melancarkan peredaran darah.

Tips Sehat saat Berbuka Puasa

Tidak berbeda jauh dengan saat bersantap sahur, ketika berbuka puasa pun sebaiknya Anda tidak lapar mata. Karena biasanya kebanyakan orang cenderung ingin menyantap berbagai macam makanan saat berbuka puasa. Agar tidak mengganggu kesehatan, berikut ini adalah beberapa tips berbuka puasa yang sehat.
  • Langkah terbaik saat berbuka adalah mengikuti sunnah rasul yakni mengkonsumsi kurma dan minuman manis atau air putih.
  • Sebaiknya tidak makan secara berlebihan, namun minumlah air mineral secukupnya untuk mengganti cairan tubuh yang hilang setelah berpuasa.
  • Saat akan menyantap hidangan utama, usahakan dengan menu yang seimbang. Tidak perlu makan secara berlebihan, namun makanlah sesuai dengan porsi biasanya.
  • Jika tidak ingin memiliki masalah pencernaan, maka hindarilah makanan seperti gorengan, makanan pedas, makanan yang terlalu asam, dll.
Bagaimana? Pola yang sangat mudah bukan? Itulah beberapa tips sehat menjalankan puasa Ramadhan yang dapat kita ikuti saat menjalankan ibadah puasa. Semoga informasi kesehatan tadi dapat menjadi sumber referensi yang membantu sekaligus bermanfaat untuk Anda semuanya.

Subscribe to receive free email updates: